15 Makanan Khas Jerman, Nomor 4 Sudah Mendunia

Artikel Terkait

Makanan khas Jerman termasuk yang jarang disukai banyak orang. Kalau ada orang asing yang berkunjung ke Jerman, mereka akan bilang bahwa makanan khas Jerman memang bukan makanan paling enak.

Makanan-Khas-Jerman
Makanan khas Jerman memang bukan favorit semua orang, tapi beberapa masakan jadi favorit saya

Tinggal di Jerman selama 3 tahun, saya jarang sekali makan makanan Jerman. Alasannya, karena makanan Jerman memang tidak sesuai dengan lidah saya.

Umumnya, saya dan suami lebih sering makan makanan asia seperti kare, baik kare India, kare jepang, atau kare Jawa. Kami juga lebih sering makan makanan Italia yang berbasis pasta, gandum, dan keju.

Orang Jerman sendiri banyak yang lebih suka makanan asia. Ini karena palet bumbu asia yang lebih beraroma, kaya rasa, dan bervariasi. Sebut saja rendang. Rendang memang favorit kebanyakan orang Jerman karena berbahan dasar daging yang diolah dengan banyak bumbu.

Makanan khas Jerman umumnya hanya menggunakan lada, merica, dan herbs yang itu-itu saja. Makanan Jerman mengandalkan cita rasa bahan makanan itu sendiri, bukan bumbu.

Kebanyakan orang Jerman ketika ditanya apa yang mereka makan, mereka akan menjawab variasi makanan Italia, Amerika, Turki, Arab, dan Asia. Jarang sekali orang Jerman masak atau makan makanan khas mereka sendiri.

Nah, apa saja makanan khas Jerman yang orang Jerman sendiri sebenarnya jarang makan?

#1 Rouladen

Rouladen adalah makan malam khas Jerman yang umumnya disajikan dengan kentang rebus, kubis merah, dan gravy. Rouladen juga bisa disajikan dengan mashed potatoes dan sayur-sayuran rebus atau salad.

Rouladen terbuat dari irisan daging tipis yang dililitkan ke acar timun, bawang bombay, dan saus mustard (bhs Jerman: Senf).

Asal usul makanan khas Jerman ini tidak jelas, tapi sudah dikonsumsi oleh orang Jerman sejak berabad-abad lalu.

#2. Sauerbraten

Sauerbraten termasuk dalam makanan nasional Jerman. Kalau Anda berkunjung ke Jerman, mungkin makanan ini bisa Anda coba. Meskipun sebetulnya, jarang ada restoran yang menyediakan Sauerbraten yang halal.

Sauerbraten adalah makanan tradisional Jerman yang proses memasaknya sangat lama. Masakan ini terbuat dari daging yang dipanggang dengan suhu rendah di oven selama berjam-jam. 

Rasanya?

Menurut kawan-kawan yang sudah mencoba, rasanya unik karena dagingnya empuk dan menghasilkan kuah daging yang lezat.

Sauerbraten umumnya disajikan dengan potongan kentang, perkedel, kentang rebus, kubis merah, dan saus.

#3. Spätzle

Spätzle terbuat dari telur, tepung, garam, dan air. Makanan khas Jerman ini sebenarnya mirip dengan pasta dan Spätzle biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap. Spätzle juga umum disajikan dengan keju.

#4. Sosis Jerman

Bicara soal makanan khas Jerman, sosis Jerman termasuk salah satu contoh klasik yang paling populer dan banyak jenisnya.

Inovasi sosis Jerman paling baru dan paling disukai adalah Currywurst, perpaduan sosis dengan bumbu kare.

Apa saya bilang? Orang Jerman suka masakan asia!

Beberapa contoh sosis klasik yang mungkin Anda temui di Jerman antara lain:

  • Currywurst (sosis kare)
  • Bratwurst (sosis panggang)
  • Frankfurter (sosis daging asap)
  • Weisswurst (sosis daging rebus)
  • Nürnberger Rostbratwurst (sosis dengan bumbu daun majoran)
  • Blutwurst (sosis darah)
  • Landjäger (sosis dengan lemak babi dan anggur merah)

Sudah tak terhitung lagi berapa banyak variasi sosis Jerman yang halal. Bahkan, sosis Jerman pun mudah ditemukan di Indonesia. Penjual jajanan kaki lima pun kini menawarkan Bratwurst dengan harga Rp 15.000. 

Tapi, saya yakin mereka tidak tahu kalau yang mereka jual itu disebut dengan Bratwurst.

Di kota-kota besar negara lain, sosis Jerman dijual bersamaan dengan kentang goreng, lengkap dengan saus mustard, mayones, dan berbagai macam saus tomat.

#5. Jägerschnitzel

Schnitzel sebenarnya berasal dari Austria tapi termasuk dalam makanan khas Jerman dan bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai restoran di Jerman.

Salah satu variasi yang populer di Jerman adalah Jägerschnitzel. Yaitu Schnitzel yang disajikan dengan saus jamur, kentang, atau sauerkraut.

#6. Schweinshaxe

Schweinshaxe adalah makanan dari daging bagi dan termasuk dalam kategori makanan khas Jerman di daerah Bavaria. Biasanya disajikan bersama dengan kentang dan kubis.

Daging babi biasanya dimarinasi berhari-hari sebelum dipanggang dengan temperatur rendah selama beberapa jam.

#7. Kartoffelpuffer

Makanan ini bisa dengan mudah Anda temukan di seluruh supermarket di Jerman. Kartoffelpuffer adalah pancake kentang yang biasanya disajikan untuk sarapan, bersamaan dengan telur dan sour cream.

Saya sendiri suka dengan makanan ini karena rasanya standar, seperti kentang pada umumnya. Hanya saja lebih murah dan cepat saji karena supermarket menjual dalam kemasan beku.

#8. Sauerkraut

Bicara soal Jerman, sauerkraut adalah makanan yang akan terlintas pertama kali. Pada dasarnya, sauerkraut adalah kubis yang difermentasi. Meskipun sauerkraut berasal dari bahasa Jerman, makanan ini sendiri bukan makanan khas Jerman.

Banyak yang percaya bahwa Kaisar Mongolia Genghis Khan membawa makanan ini ke eropa. Kini, sauerkraut adalah makanan tradisional Jerman yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Eropa.

#9. Maultaschen

Makanan khas Jerman lainnya adalah makanan yang berasal dari daerah Swabia di Jerman. Pada dasarnya, maultaschen adalah pasta yang diisi dengan daging, bayam, bawang, dan berbagai macam bumbu dan daun-daunan.

Umumnya, maultaschen direbus dan disajikan hangat dengan taburan daun parsley. Tapi saya lebih suka menggoreng maultaschen untuk dijadikan cemilan.

Memang dasarnya orang Indonesia sukanya gorengan.

#10. Flammkuchen

Flammkuchen adalah pizza Jerman. Makanan ini berasal dari Baden dan termasuk dalam makanan khas regional saya tinggal yaitu Baden-Württemberg. Flammkuchen juga dianggap sebagai makanan khas regional Rheinland-Pfalz dan Alsace.

Flammkuchen dijual di restoran dan warung makan di Jerman dengan harga yang cukup murah. Makanan ini juga bisa Anda temukan ketika mengunjungi Weihnachtsmarkt atau pasar natal sepanjang bulan Desember.

#11. Hasenpfeffer

Makanan ini adalah stew daging kelinci yang dibumbui dengan anggur dan bawang bombay sebelum dimasak dengan metode slow cooking.

Kata teman yang sudah mencoba, Hasenpfeffer termasuk makanan khas Jerman yang cukup disukai karena kaya rasa dan daging yang lembut.

#12. Königsberger Klopse

Makanan ini terbuat dari daging sapi muda yang dibentuk seperti bakso. Bisa juga terbuat dari daging sapi atau daging babi. Makanan ini juga umumnya disajikan bersama dengan kentang, krim dan capern (bhs Jerman: Kapern)

#13. Eintopf

Eintopf pada dasarnya adalah makanan khas Jerman yang mirip dengan stew. Banyak eintopf versi regional, tapi umumnya terbuat dari berbagai macam sayur dan daging.

#14. Leberkäse

Leberkäse umumnya disajikan sebagai snack di Jerman, lengkap dengan saus mustard dan roti. Leberkäse berarti keju hati dan berdasarkan aturan pangan di Jerman, Leberkäse harus mengandung setidaknya 4% hati.

#15. Pretzel

Dikenal juga sebagai Brezel, pretzel adalah roti panggang dengan garam. Pretzel termasuk snack tradisional Jerman dan bisa Anda temukan hampir di semua supermarket dan pinggiran jalan di Jerman. 

Ukuran dan variasi Pretzel pun bermacam-macam. Favorit saya adalah pretzel isi krim atau keju.

Di Mana Anda bisa Makan Makanan Khas Jerman?

Kalau Anda Muslim, sayang sekali. Tidak banyak makanan khas Jerman yang bisa Anda coba. Paling-paling hanyalah menu vegetarian yang tidak dimasak dengan anggur.

Selain itu, cukup sulit untuk bisa menikmati makanan khas Jerman yang halal.

Beberapa daerah di wilayah Bavaria masih menawarkan suasana Jerman asli dengan makanan khas yang dimasak ala homemade. Anda bisa mencoba makanan khas Jerman di restoran-restoran di kota-kota besar.

Pada dasarnya, makanan khas Jerman hanya dikonsumsi oleh orang-orang tua. Sudah jarang anak-anak muda yang suka dengan makanan tradisional.

Kebanyakan anak muda dan kaum milenial lebih suka mengkonsumsi makanan seperti burger, pizza, donner, yufka, atau makanan-makanan internasional.

More on this topic

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Populer

Pendapat Orang Jerman Tentang Indonesia

Seperti apa pendapat orang asing khususnya orang Jerman tentang Indonesia? Meskipun tidak terlalu dikenal di luar negeri, nama Indonesia ternyata familiar di...

Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Menikahi Muslimah Bule

Wanita Eropa memang memiliki peson tersendiri. Tak jarang, banyak yang ingin punya pasangan Bule. Berbagai alasan menjadi dasar pilihan menikahi wanita asing,...

Trending Eropa, Obat Corona dari Bahan Herbal?

Echinacea Purpurea disinyalir menjadi angin segar pada penelitian obat yang dilakukan di Inggris. Dalam jurnal kesehatan, mereka menyatakan bahwa multivitamin dan obat...