5 Karakter Khas Orang Jerman

Artikel Terkait

Tinggal di Jerman, dikelilingi orang Jerman, tentu membuat saya jadi paham karakter khas orang Jerman. Anggapan bahwa orang Jerman berkarakter dingin, keras, dan tidak punya sense of humor hanya benar separuhnya saja.

Karakter-Khas-Orang-Jerman
Anggapan bahwa orang Jerman dingin dan keras tidak selalu benar

Populasi orang Jerman asli di Jerman adalah sekitar 91.5%, sedangkan orang Turki sekitar 2.4%. Sisanya adalah orang-orang Yunani, Rusia, Italia, Polandia, Serbia, Kroasia, dan Spanyol.Orang Jerman memiliki watak khas yang sangat bisa dibedakan dengan orang-orang dari negara lain. Selama saya tinggal di Jerman, 5 karakteristik ini terbukti tepat.

#1. Orang Jerman tegas, bukan galak!

Saya cukup sering melihat orang Jerman yang menegur orang lain. Terutama di musim pandemi seperti ini, sering saya melihat orang Jerman marah-marah ketika ada orang yang tidak mematuhi aturan jaga jarak 1,5 meter.Bagi yang tidak terbiasa, orang Jerman terlihat galak. Padahal mereka hanya mengikuti aturan.Ketika menyeberang jalan raya misalnya, kamu harus menunggu lampu pejalan kaki berubah hijau. Meskipun jalan tersebut sepi, tapi jika lampu pejalanan kaki masih merah, kamu sebaiknya menunggu.Karena yakinlah, akan ada orang Jerman yang meneriaki kamu kalau sampai melanggar aturan lalu lintas!

#2. Terus terang

Khas orang Indonesia, kalau ditawari makanan atau minuman pasti akan menolak. Alasannya, tidak mau merepotkan tuan rumah. Namun akhirnya, tuan rumah pasti menyiapkan minimal teh dan cemilan.Lalu pasti kita minum dan nyemil juga, iya kan?Tapi tidak di Jerman.Kalau kamu berkunjung ke rumah orang Jerman dan tuan rumah tanya kamu ingin makan atau minum apa, jawab jujur saja. Karena kalau kamu bilang “nggak usah”, pasti benar-benar tidak akan dibuatkan minuman atau makanan.Ini berlaku juga sebaliknya.Kalau ada orang Jerman yang bertamu ke rumahmu dan kamu sajikan makanan khas Indonesia, mereka akan bilang apakah makanannya enak atau tidak.Kalau enak, ya mereka bilang enak. Kalau tidak enak, ya tidak. Jangan sakit hati!Orang Jerman memang terkenal jujur dan berterus terang. Mereka tidak ada niat untuk merendahkan Soto Betawi yang baru saja kamu sajikan ke mereka. Hanya saja, memang lidah mereka tidak terbiasa dengan makanan berbumbu banyak.

#3. Orang Jerman sebanarnya suka ngobrol

Anggapan bahwa orang Jerman dingin dan kaku sebenarnya tidak tepat. Sebagian besar orang Jerman suka ngobrol dan kadang malah melantur.Untuk membuat orang Jerman ngobrol, kamu tidak perlu bingung. Tanya saja dengan kalimat “was geht ab?” maka orang Jerman akan menjelaskan aktivitas mereka selama beberapa waktu ke belakang dan rencana mereka di masa depan.Jangan takut meski bahasa Jerman kamu nggak bagus-bagus amat. Selama kamu berusaha untuk bicara dalam bahasa mereka, orang Jerman akan sangat mengapresiasi.

#4. Berencana dan tepat waktu

Segala hal di Jerman memerlukan janji. Buka rekening bank, periksa ke dokter, memperpanjang visa, hingga bertemu teman, kamu harus punya Termin atau janji dengan mereka.Tanpa Termin, kamu tidak akan mendapat layanan yang kamu inginkan.Orang Jerman kurang suka jika ada orang yang tiba-tiba berkunjung ke rumah mereka tanpa undangan atau tanpa janji. Apalagi jika bukan gawat darurat.Meskipun kamu teman mereka, orang Jerman berhak untuk menolak kedatangan kamu kalau kamu datang tiba-tiba di depan pintu rumah.Hal ini disebabkan karena kebiasan orang Jerman untuk mengatur jadwal mereka sehari-hari. Termasuk jadwal makan.

#5. Tepuk tangan dan mengetuk meja

Ketika saya terbang ke Jerman pertama kalinya, saya kaget ketika penumpang bertepuk tangan segera setelah pesawat mendarat selamat di Frankfurt Airport. Ternyata, ini adalah cara orang Jerman untuk mengekspreksikan kegembiraan mereka bahwa mereka mendarat dengan selamat.Memang saya pernah dengar sebelumnya bahwa penumpang pesawat akan bertepuk tangan ketika pesawat mendarat. Tapi tidak menyangka mengalami sendiri.Sedangkan dalam konteks pendidikan atau seminar, peserta seminar atau siswa akan mengetuk meja mereka berulang kali untuk menandakan bahwa mereka mengapresiasi pembawa materi atau guru mereka.Ini pernah terjadi ketika saya menghadiri kelas di Universität Mannheim. Saat itu, pemateri telah selesai menyajikan materi, lalu seluruh kelas mengetuk meja masing-masing berulang kali.Saya yang bingung dan tak yakin apa yang harus saya lakukan, akhirnya hanya diam saja. Setelahnya, saya bertanya kenapa orang Jerman melakukan itu.

Masih Banyak Karakteristik Lainnya

Kalau Anda menemui orang asing yang melakukan lima hal di atas, besar kemungkinan bahwa orang tersebut berasal dari Jerman. Setidaknya, kebiasaan-kebiasaan yang ia lakukan adalah kebiasaan khas orang Jerman.Tentu masih banyak watak khas orang Jerman lainnya, tapi sejauh ini, lima hal di atas memberi kesan dan pengalaman yang kadang membuat saya tertawa, atau heran.

More on this topic

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Populer

Serunya Bercadar di Jerman

Mengenakan cadar di Jerman memang memiliki resiko. Beberapa berkisah, tidak ada bedanya bercadar di Eropa atau di Indonesia, sama-sama jadi korban bully...

15 Makanan Khas Jerman, Nomor 4 Sudah Mendunia

Makanan khas Jerman termasuk yang jarang disukai banyak orang. Kalau ada orang asing yang berkunjung ke Jerman, mereka akan bilang bahwa makanan...

7 Kebiasaan Orang Jerman yang Sulit Dipahami

Setelah pindah ke Jerman, saya benar-benar tidak paham kenapa orang Jerman begitu… Jerman. Tapi tiga tahun kemudian, ternyata saya mengadopsi sendiri kebiasaan...